Imam
An Nawawi berkata “ Sanad adalah hal penting untuk diketahui oleh ahli fiqh dan
murid yang mempelajari fiqh. Merupakan hal yang buruk bila tidak mengetahuinya,
karena guru seseorang dalam ilmu adalah ayahnya dalam agama dan pelantara
antara dirinya dengan Allah”. Beliau juga menambahkan bahwa murid diperintah
untuk mendoakan guru-gurunya, berbuat baik, mengingat kebaikannya memuji dan
bersyukur kepadanya.
Merujuk kepada perkataan Imam An Nawawi di atas dan kebiasaan para ulama salaf banyak ulama menulis kitab tentang genealogi keilmuan dalam berbagai bidang, diantaranya adalah Syeikh Mahfuzh At Tarmasi dengan kitab Kifayatul Mustafid, dan Syeikh Yasin Al Fadani dengan kitab Al-‘Iqdul Farid. Beliau berdua mencatatkan sanad keilmuan mereka dalam kitab tersebut, termasuk sanad muttashil dalam ilmu fiqh kepada Imam As Syafii.
Diantara
ulama besar yang menjadi tujuan para pencari ilmu fiqh dari Indonesia pada
sekitar akhir abad 19 sampai awal abad 20 Masehi adalah Syaikh Mahfuzh
Attarmasi di Mekkah, dan Syaikh Kholil di Bangkalan Madura. Keduanya dikenal memiliki keilmuan yang luas
di berbagai bidang termasuk Fiqh dan Hadits, pantas saja saja banyak yang
berguru, tidak sedikit dari murid-murid beliau berdua menjadi ulama besar di
Indonesia.
Diantara
murid Syaikh Mahfuzh Attarmasi adalah KH. Hasyim Asyari Tebuireng, adik beliau KH.
Dimyathi Abdullah Tremas, KH. Baidhawi Abdul Aziz Lasem, KH. Ma’shum Lasem, KH.
Abdul Wahhab Hasbullah, KH. Faqih Maskumambang, Syaikh Baqir Nur Al Jukjawi.
Murid-murid Syaikh Kholil Bangkalan antara lain KH. Hasyim Asyari Tebuireng,
KH. Abdul Wahhab Hasbullah, KH. Bisri Sansyuri Denayar, KH. Ma’shum Lasem, Mama
Tubagus Ahmad Bakri Sempur.
Dalam tulisan ini saya merangkum sanad fiqih dari dua ulamar tersebut dengan merujuk kepada dua Kitab utama tadi dan membandingkan kepada referensi lain. Saya cantumkan tahun lahir dan wafat dalam tahun hijriyah, atau tahun wafatnya saja bila tidak diketahui tahun lahirnya, dengan keterangan dalam kurung.
Berikut ini adalah sanad Syeikh Mahfuzh At Tarmasi dalam fiqh:
Jalur Pertama
1.
Rasulullah Saw.
2.
Sayyiduna Abdullah bin Umar (10 qh-73)
3.
Imam Nafi’ (117)
4.
Imam Malik bin Anas (93-179)
5.
Imam As Syafi’i (150-204)
6.
Imam Al Muzani (175-263)
7.
Imam Al Anmathi (288)
8.
Imam Ibnu Suraij (249-306)
9.
Imam Abu Ishaq Al Marwazi (340)
10. Imam Abu Zaid Al Marwazi (301-371)
11. Imam Al Qaffal As Shaghir (327-417)
12. Imam Abu Muhammad Al Juwaini (438)
13. Imamul Haramain (419-478)
14. Hujjatul Islam Al Ghazali (450-505)
15. Imam Abu Sa’d Ad Damighani (549) &
Muhyiddin Muhammad bin Yahya An Naisaburi (476-548)
16. Quthbuddin An Naisaburi (505-578)
17. Fakhruddin Ibnu ‘Asakir (550-620)
18. Izzuddin Ibnu Abdissalam (577-660)
19. Sadiduddin At Tazmanti (605-674) &
Taqiyuddin Ibnu Daqiqil ‘Id (625-702)
20. Najmuddin Ibnurrif’ah (645-710)
21. Taqiyuddin As Subki (683-756)
22. Jamaluddin Al Isnawi (703-772)
23. Sirajuddin Ibnul Mulaqqin (723-804)
24. Al Hafizh Ibnu Hajar al ‘Asqalani
(773-852)
25. Syaikhul Islam Zakariya Al Anshari
(826-926)
26. Syihabuddin Ibnu Hajar Al Haitami (909-973)
& Syihabuddin Ar Ramli Al Kabir (957)
27. Nuruddin Ali Az Ziyadi (1024)
28. Syaikh Al Mazzahi (985-1075)
29. Syaikh Ahmad bin Abdullathif Al
Basybisyi (1041-1096)
30. Syaikh Ahmad bin Muhammad bin ‘Athiyah
Al Khulaifi (1061-1127)
31. Syaikh Muhammad bin Salim Al Hifni
(1100-1181)
32.
Syaikh Abdullah bin Hijazi As Syarqawi (1150-1227)
33.
Syaikh Utsman bin Hasan Ad Dimyathi (1197-1265)
34. Sayyid Ahmad bin Zaini
Dahlan (1231-1304)
35. Sayyid Abu Bakr bin Muhammad Syatha
(1266-1310)
36. Syaikh Muhammad Mahfuzh bin Abdullah At Tarmasi (1285-1338)
Imam As Syafi’i juga berguru kepada Imam Muslim bin Khalid Az Zanji dari Imam Ibnu Juraij dari Imam ‘Atha bin Abi Rabah dari Sayyiduna Abdullah bin ‘Abbas. Imam As Syafi’i berguru pula kepada Imam Sufyan bin ‘Uyainah dari ‘Amr bin Dinar dari Sayyiduna Abdullah bin Umar.
Jalur Kedua
1. Rasulullah Saw.
2. Sayyaiduna Abdullah bin
Umar (10 qh-73)
3.
Imam Nafi’ (117)
4.
Imam Malik bin Anas (93-179)
5.
Imam As Syafi’i (150-204)
6.
Imam Al Muzani (175-263)
7.
Imam Al Anmathi (288)
8.
Imam Ibnu Suraij (249-306)
9. Imam
Abu Ishaq Al Marwazi (340)
10. Imam Abul Hasan Al Masarjisi (308-284)
11. Qadhi Abut Thayyib At Thabari (348-350)
12. Imam Abu Ishaq As Syairozi (390-476)
13. Imam Abu Ali Al Fariqi (444-528)
14. Imam Ibnu Abi ‘Ashrun (492-585)
15. Shalahuddin Abdurrahman bin Utsman Asy Syahrazuri
(618)
16. Imam Ibnus Shalah (577-643)
17. Imam Abu Hafsh Umar bin As’ad Ar Rab’i
(675)
18. Imam An Nawawi (631-676)
19. ‘Alauddin ibnul ‘Atthar (724) &
Jamaluddin Abul Hajjaj Al Mizi (654-742)
20. Sirajuddin Al Bulqini (724-805)
21. Al Hafizh Ibnu Hajar al ‘Asqalani (773-852)
22. Syaikhul Islam Zakariya Al Anshari (826-926)
23. Syihabuddin Ibnu Hajar Al Haitami
(909-973) & Syihabuddin Ar Ramli Al Kabir (957)
24. Nuruddin Ali Az Ziyadi (1024)
25. Syaikh Al Mazzahi (985-1075)
26. Syaikh Ahmad bin Abdullathif Al
Basybisyi (1041-1096)
27. Syaikh Ahmad bin Muhammad bin ‘Athiyah
Al Khulaifi (1061-1127)
28. Syaikh Muhammad bin Salim Al Hifni
(1100-1181)
29.
Syaikh Abdullah bin Hijazi As Syarqawi (1150-1227)
30.
Syaikh Utsman bin Hasan Ad Dimyathi (1197-1265)
31. Sayyid Ahmad bin Zaini
Dahlan (1231-1304)
32. Sayyid Abu Bakr bin Muhammad Syatha
(1266-1310)
33. Syaikh Muhammad Mahfuzh bin Abdullah At Tarmasi (1285-1338)
Jalur Ketiga
Imam An Nawawi mempelajari fiqh dari Kamaluddin Sallar Al Irbili (670), dari Imam Muhammad bin Muhammad penyusun kitab As Syamil As Shaghir, dari Imam Abdul Ghaffar Al Qazwini, dari Imam Ar Rafi’i, dari ayahnya yaitu Imam Muhammad bin Abdul Karim Al Qazwini, dari murid Imam Al Gazzali yaitu Imam Muhammad bin Yahya An Naisaburi
Sanad Fiqh Syaikh Kholil Bangkalan
Sanad fiqh Syaikh Kholil Bangkalan bertemu dengan sanad Syaikh Mahfuzh Attarmasi yakni pada Syaikh As Syarqowi. Syaikh Kholil Bangkalan (1252-1343) mengambil fiqh dari Syaikh Abdul Hamid bin Mahmud As Syarwani, dari Syaikh Ibrahim Al Bajuri (1198-1277), dari Syaikh Abdullah bin Hijazi As Syarqawi.
Berikut
Ini Bagan Sanad Fiqh Ulama Indonesia dari Syaikh Mahfuzh Tremas dan Syaikh
Kholil Bangkalan.
Referensi:
Al ‘Iqdul
Farid, karya Syaikh Yasin Al Fadani
Kifayatul
Mustafid, karya Syaikh Mahfuzh At Tarmasi
Ithafus
Sadatil Muttaqin juz 2, karya Sayyid Murtadho Az Zabidi pada Muqaddimah
penjelasan Asrar Thaharah
Thabaqatus
Syafi’iyah al Kubra, karya Tajuddin As Subki
Thabaqatus
Syafi’iyah, karya Ibnu Qadhi Syabhah
Thabaqatus
Syafi’iyah, karya Ibnu Katsir
Al ‘Iqdul
Mudzahhab, karya Ibnul Mulaqqin
Fihrisul
Faharis wal Atsbat, karya Abdul Hayy Al Katani
Al A’lam,
karya Az Zarkali
No comments:
Post a Comment