Monday, March 14, 2022

Bagan Sanad Fiqih Madzhab As Syafii Ulama Indonesia

SANAD FIQH ULAMA INDONESIA

Imam An Nawawi berkata “ Sanad adalah hal penting untuk diketahui oleh ahli fiqh dan murid yang mempelajari fiqh. Merupakan hal yang buruk bila tidak mengetahuinya, karena guru seseorang dalam ilmu adalah ayahnya dalam agama dan pelantara antara dirinya dengan Allah”. Beliau juga menambahkan bahwa murid diperintah untuk mendoakan guru-gurunya, berbuat baik, mengingat kebaikannya memuji dan bersyukur kepadanya.

Merujuk kepada perkataan Imam An Nawawi di atas dan kebiasaan para ulama salaf banyak ulama menulis kitab tentang genealogi keilmuan dalam berbagai bidang, diantaranya adalah Syeikh Mahfuzh At Tarmasi dengan kitab Kifayatul Mustafid, dan Syeikh Yasin Al Fadani dengan kitab Al-‘Iqdul Farid. Beliau berdua mencatatkan sanad keilmuan mereka dalam kitab tersebut, termasuk sanad muttashil dalam ilmu fiqh kepada Imam As Syafii.

Diantara ulama besar yang menjadi tujuan para pencari ilmu fiqh dari Indonesia pada sekitar akhir abad 19 sampai awal abad 20 Masehi adalah Syaikh Mahfuzh Attarmasi di Mekkah, dan Syaikh Kholil di Bangkalan Madura.  Keduanya dikenal memiliki keilmuan yang luas di berbagai bidang termasuk Fiqh dan Hadits, pantas saja saja banyak yang berguru, tidak sedikit dari murid-murid beliau berdua menjadi ulama besar di Indonesia.

Diantara murid Syaikh Mahfuzh Attarmasi adalah KH. Hasyim Asyari Tebuireng, adik beliau KH. Dimyathi Abdullah Tremas, KH. Baidhawi Abdul Aziz Lasem, KH. Ma’shum Lasem, KH. Abdul Wahhab Hasbullah, KH. Faqih Maskumambang, Syaikh Baqir Nur Al Jukjawi. Murid-murid Syaikh Kholil Bangkalan antara lain KH. Hasyim Asyari Tebuireng, KH. Abdul Wahhab Hasbullah, KH. Bisri Sansyuri Denayar, KH. Ma’shum Lasem, Mama Tubagus Ahmad Bakri Sempur.

Dalam tulisan ini saya merangkum sanad fiqih dari dua ulamar tersebut dengan merujuk kepada dua Kitab utama tadi dan membandingkan kepada referensi lain. Saya cantumkan tahun lahir dan wafat dalam tahun hijriyah, atau tahun wafatnya saja bila tidak diketahui tahun lahirnya, dengan keterangan dalam kurung.    

Berikut ini adalah sanad Syeikh Mahfuzh At Tarmasi dalam fiqh:

Jalur Pertama

1.   Rasulullah Saw.

2.   Sayyiduna Abdullah bin Umar (10 qh-73)

3.   Imam Nafi’ (117)

4.   Imam Malik bin Anas (93-179)

5.   Imam As Syafi’i (150-204)

6.   Imam Al Muzani (175-263)

7.   Imam Al Anmathi (288)

8.   Imam Ibnu Suraij (249-306)

9.   Imam Abu Ishaq Al Marwazi (340)

10. Imam Abu Zaid Al Marwazi (301-371)

11. Imam Al Qaffal As Shaghir (327-417)

12. Imam Abu Muhammad Al Juwaini (438)

13. Imamul Haramain (419-478)

14. Hujjatul Islam Al Ghazali (450-505)

15. Imam Abu Sa’d Ad Damighani (549) & Muhyiddin Muhammad bin Yahya An Naisaburi (476-548)

16. Quthbuddin An Naisaburi (505-578)

17. Fakhruddin Ibnu ‘Asakir (550-620)

18. Izzuddin Ibnu Abdissalam (577-660)

19. Sadiduddin At Tazmanti (605-674) & Taqiyuddin Ibnu Daqiqil ‘Id (625-702)

20. Najmuddin Ibnurrif’ah (645-710)

21. Taqiyuddin As Subki (683-756)

22. Jamaluddin Al Isnawi (703-772)

23. Sirajuddin Ibnul Mulaqqin (723-804)

24. Al Hafizh Ibnu Hajar al ‘Asqalani (773-852)

25. Syaikhul Islam Zakariya Al Anshari (826-926)

26. Syihabuddin Ibnu Hajar Al Haitami (909-973) & Syihabuddin Ar Ramli Al Kabir (957)

27. Nuruddin Ali Az Ziyadi (1024)

28. Syaikh Al Mazzahi (985-1075)

29. Syaikh Ahmad bin Abdullathif Al Basybisyi (1041-1096)

30. Syaikh Ahmad bin Muhammad bin ‘Athiyah Al Khulaifi (1061-1127)

31. Syaikh Muhammad bin Salim Al Hifni (1100-1181)

32. Syaikh Abdullah bin Hijazi As Syarqawi (1150-1227)

33. Syaikh Utsman bin Hasan Ad Dimyathi (1197-1265)

34. Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan (1231-1304)

35. Sayyid Abu Bakr bin Muhammad Syatha (1266-1310)

36. Syaikh Muhammad Mahfuzh bin Abdullah At Tarmasi (1285-1338)

Imam As Syafi’i juga berguru kepada Imam Muslim bin Khalid Az Zanji dari Imam Ibnu Juraij dari Imam ‘Atha bin Abi Rabah dari Sayyiduna Abdullah bin ‘Abbas. Imam As Syafi’i berguru pula kepada Imam Sufyan bin ‘Uyainah dari ‘Amr bin Dinar dari Sayyiduna Abdullah bin Umar.

Jalur Kedua

1.   Rasulullah Saw.

2.   Sayyaiduna Abdullah bin Umar (10 qh-73)

3.   Imam Nafi’ (117)

4.   Imam Malik bin Anas (93-179)

5.   Imam As Syafi’i (150-204)

6.   Imam Al Muzani (175-263)

7.   Imam Al Anmathi (288)

8.   Imam Ibnu Suraij (249-306)

9.   Imam Abu Ishaq Al Marwazi (340)

10. Imam Abul Hasan Al Masarjisi (308-284)

11. Qadhi Abut Thayyib At Thabari (348-350)

12. Imam Abu Ishaq As Syairozi (390-476)

13. Imam Abu Ali Al Fariqi (444-528)

14. Imam Ibnu Abi ‘Ashrun (492-585)

15. Shalahuddin Abdurrahman bin Utsman Asy Syahrazuri (618)

16. Imam Ibnus Shalah (577-643)

17. Imam Abu Hafsh Umar bin As’ad Ar Rab’i (675)

18. Imam An Nawawi (631-676)

19. ‘Alauddin ibnul ‘Atthar (724) & Jamaluddin Abul Hajjaj Al Mizi (654-742)

20. Sirajuddin Al Bulqini (724-805)

21. Al Hafizh Ibnu Hajar al ‘Asqalani (773-852)

22. Syaikhul Islam Zakariya Al Anshari (826-926)

23. Syihabuddin Ibnu Hajar Al Haitami (909-973) & Syihabuddin Ar Ramli Al Kabir (957)

24. Nuruddin Ali Az Ziyadi (1024)

25. Syaikh Al Mazzahi (985-1075)

26. Syaikh Ahmad bin Abdullathif Al Basybisyi (1041-1096)

27. Syaikh Ahmad bin Muhammad bin ‘Athiyah Al Khulaifi (1061-1127)

28. Syaikh Muhammad bin Salim Al Hifni (1100-1181)

29. Syaikh Abdullah bin Hijazi As Syarqawi (1150-1227)

30. Syaikh Utsman bin Hasan Ad Dimyathi (1197-1265)

31. Sayyid Ahmad bin Zaini Dahlan (1231-1304)

32. Sayyid Abu Bakr bin Muhammad Syatha (1266-1310)

33. Syaikh Muhammad Mahfuzh bin Abdullah At Tarmasi (1285-1338)

Jalur Ketiga

Imam An Nawawi mempelajari fiqh dari Kamaluddin Sallar Al Irbili (670), dari Imam Muhammad bin Muhammad penyusun kitab As Syamil As Shaghir, dari Imam Abdul Ghaffar Al Qazwini, dari Imam Ar Rafi’i, dari ayahnya yaitu Imam Muhammad bin Abdul Karim Al Qazwini, dari murid Imam Al Gazzali yaitu Imam Muhammad bin Yahya An Naisaburi

Sanad Fiqh Syaikh Kholil Bangkalan

Sanad fiqh Syaikh Kholil Bangkalan bertemu dengan sanad Syaikh Mahfuzh Attarmasi yakni pada Syaikh As Syarqowi. Syaikh Kholil Bangkalan (1252-1343) mengambil fiqh dari Syaikh Abdul Hamid bin Mahmud As Syarwani, dari Syaikh Ibrahim Al Bajuri (1198-1277), dari Syaikh Abdullah bin Hijazi As Syarqawi.

Berikut Ini Bagan Sanad Fiqh Ulama Indonesia dari Syaikh Mahfuzh Tremas dan Syaikh Kholil Bangkalan.

 

Referensi:

Al ‘Iqdul Farid, karya Syaikh Yasin Al Fadani

Kifayatul Mustafid, karya Syaikh Mahfuzh At Tarmasi

Ithafus Sadatil Muttaqin juz 2, karya Sayyid Murtadho Az Zabidi pada Muqaddimah penjelasan Asrar Thaharah

Thabaqatus Syafi’iyah al Kubra, karya Tajuddin As Subki

Thabaqatus Syafi’iyah, karya Ibnu Qadhi Syabhah

Thabaqatus Syafi’iyah, karya Ibnu Katsir

Al ‘Iqdul Mudzahhab, karya Ibnul Mulaqqin

Fihrisul Faharis wal Atsbat, karya Abdul Hayy Al Katani

Al A’lam, karya Az Zarkali









 

No comments:

Post a Comment

BHS PREMIUM TERBARU BUKAN SUTERA SPUNSILK APAKAH SENYAMAN BHS LAWAS?

SARUNG BHS KENAPA BERUBAH TIDAK MENGGUNAKAN SUTERA SPUNSILK   Pada postingan ini saya menyampaikan kesan saya saat menggunakan sarung BHS de...