Friday, June 18, 2021

Makna Gerakan Shalat & Arti Bacaannya


Menghayati Makna Gerakan dan Bacaan Shalat
Oleh: Agi Sya’rial Abdullah, M.Pd.I.

Download file arti bacaan-bacaan shalat Pdf:👇
    Diantara hal-hal yang dapat memudahkan kita untuk khusyuk dalam shalat ialah menghayati makna gerakan dan bacaan sholat. Karenanya amat penting kita mengetahui makna gerakan dalam shalat ini.
    Gerakan pertama yang kita lakukan dalam shalat adalah berdiri, berdiri tegak ini mengandung makna kesiapan kita untuk berhadapan dengan Allah yang maha agung. Kemudian kita mengangkat kedua tangan sembari berniat dalam hati, ini menandakan kepasrahan diri kita kepada Sang Pencipta disertai harapan tulus akan ridho-Nya. Ruku’ menunjukan ketundukan dan pengagungan hamba kepada Tuhannya, sedangkan sujud bermakna merendahkan diri dihadapan Sang Kuasa dan meniadakan keangkuhan. Saat tasyahhud kita dianjurkan berisyarat dengan telunjuk dan mengarahkan penglihatan padanya yang menyimpan makna keselarasan anggota tubuh yang diwakili satu jari, hati dan penglihatan dalam meng-esakan Allah.
    Selain memahami makna gerakan tidak kalah penting memahami arti tiap bacaan sholat agar pikiran kita terpusat pada apa yang dibaca. Berikut ini saya sajikan arti tiap bacaan shalat secara berurutan selain surat Al-Fatihah dan surat lainnya, itu bisa dilihat pada terjemah Al-Quran.

Doa Iftitah
اَللهُ أَكۡبَرُ كَبِيۡرًا، وَالۡحَمۡدُ لِلّٰهِ كَثِيۡرًا، وَسُبۡحَانَ اللهِ بُكۡرَةً وَّأَصِيۡلًا.
Allah maha besar keagungannya, dan segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya, dan aku mensucikan Allah pada pagi dan sore hari.
إِنِّيۡ وَجَّهۡتُ وَجۡهِيَ لِلَّذِيۡ فَطَرَ السَّمٰوَاتِ وَالۡأَرۡضَ، حَنِيۡفًا مُّسۡلِمًا وَّمَا أَنَا۠ مِنَ الۡمُشۡرِكِيۡنَ.
Sesungguhnya aku menghadapkan wajahku kepada Dzat yang menciptakan langit-langit dan bumi, dalam keadaan lurus dan pasrah dan tidaklah aku termasuk orang-orang musyrik.
إِنَّ صَلَاتِيۡ وَنُسُكِيۡ وَمَحۡيَايَ وَمَمَاتِيۡ لِلّٰهِ رَبِّ الۡعَالَمِيۡنَ.
Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku untuk Allah tuhan seluruh alam.
لَا شَرِيۡكَ لَهٗ، وَبِذٰلِكَ أُمِرۡتُ، وَأَنَا۠ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ.
Tiada sekutu baginya, dan dengan tidak menyekutukan Tuhan aku diperintah, dan aku termasuk orang-orang muslim.

Bacaan Tasbih Ruku’
سُبۡحَانَ رَبّـِـيَ الۡعَظِيمِ وَبِحَمۡدِهِ.
Aku mensucikan Tuhanku yang maha agung seraya memuji-Nya

Bacaan Saat Bangun dari Ruku
سَمِعَ اللهُ لِمَنۡ حَمِدَهُ.
Semoga Allah mendengar orang yang memuji-Nya

Bacaan I’tidal
رَبَّنَا لَكَ الۡحَمۡدُ، مِلۡءُ السَّمٰوَاتِ، وَمِلۡءُ الۡأَرۡضِ، وَمِلۡءُ مَا شِئۡتَ مِنۡ شَيۡءٍۢ بَعۡدُ.
Wahai tuhan kami bagimu segala puji, yang memenuhi langit-langit, dan memenuhi bumi, dan memenuhi segala yang Engkau hendaki sesudah itu.

Bacaan Tasbih Sujud
سُبۡحَانَ رَبّـِـيَ الۡأَعۡلٰى وَبِحَمۡدِهِ.
Aku mensucikan Tuhanku yang maha luhur seraya memuji-Nya.

Bacaan Duduk di Antara Dua Sujud
رَبِّ اغۡفِرۡ لِيۡ وَارۡحَمۡنِيۡ وَاجۡبُرۡنِيۡ وَارۡفَعۡنِيۡ وَارۡزُقۡنِيۡ وَاهۡدِنِيۡ وَعَافِنِيۡ وَاعۡفُ عَنِّيۡ.
Wahai Tuhanku ampunilah aku, kasihilah aku, sempurnakanlah kekuranganku, angkatlah derajatku, berikanlah aku rizki, berilah aku petunjuk, selamatkanlah dan maafkanlah aku.

Bacaan Tasyahhud Akhir
التَّحِيَّاتُ الۡمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلّٰهِ.
Penghormatan yang bertambah-tambah, seluruh shalat dan kebaikan dipersembahkan kepada Allah
اَلسَّلَامُ عَلَيۡكَ أَيُّـهَا النَّبِيُّ وَرَحۡمَةُ اللّٰهِ وَبَرَكَاتُهُ.
Salam kepadamu wahai Nabi juga rahmat Allah dan keberkahan-Nya.
اَلسَّلَامُ عَلَيۡنَا وَعَلٰى عِبَادِ اللّٰهِ الصَّالِحِيۡنَ.
Salam kepada kami dan seluruh hamba Allah yang shalih.
أَشۡهَدُ أَنۡ لَا إِلٰهَ إلَّا اللّٰهُ، وَأَشۡهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُولُ اللّٰهِ،
Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah.
اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيۡتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبۡرَاهِيمَ، وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِنَا إِبۡرَاهِيۡمَ.
Ya Allah limpahkanlah rahmat kemulian kepada Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana engkau melimpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya.
وَبَارِكۡ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكۡتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبۡرَاهِيمَ، وَعَلَى اٰلِ سَيِّدِنَا إبۡرَاهِيۡمَ، فِي الۡعَالَمِيۡنَ إِنَّكَ حَمِيۡدٌ مَّجِيدٌ.
Ya Allah limpahkanlah keberkahan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya sebagaimana engkau melimpahkan keberkahan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya di sekalian alam sesungguhnya Engkau maha terpuji dan maha agung.
اَللّٰهُمَّ إِنِّيۡ أَعُوۡذُ بِكَ مِنۡ عَذَابِ الۡقَبۡرِ وَمِنۡ عَذَابِ النَّارِ وَمِنۡ فِتۡنَةِ الۡمَحۡيٰى وَالۡمَمَاتِ وَمِنۡ فِتۡنَةِ الۡمَسِيحِ الدَّجَّالِ.
Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari ‘adzab kubur dan adzab neraka, dan dari cobaan hidup dan mati, dan dari siksaan Dajjal.
يَامُقَلِّبَ الۡقُلُوبِ ثَبِّتۡ قَلۡبِيۡ عَلٰى دِيۡنِكَ وَطَاعَتِكَ.
Wahai Dzat yang membolak balik hati tetapkanlah hatiku atas agama-Mu dan taat kepada-Mu.

 

No comments:

Post a Comment

BHS PREMIUM TERBARU BUKAN SUTERA SPUNSILK APAKAH SENYAMAN BHS LAWAS?

SARUNG BHS KENAPA BERUBAH TIDAK MENGGUNAKAN SUTERA SPUNSILK   Pada postingan ini saya menyampaikan kesan saya saat menggunakan sarung BHS de...