Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif
Perbedaan antara metode kualitatif dengan kuantitatif meliputi tiga
hal yaitu perbedaan tentang aksioma, karakeristik penelitian, dan proses
penelitian. Berikut adalah tabel perbedaan aksioma antara metode kualitatif dan
kuantitatif.
kuantitatif.
PERBEDAAN AKSIOMA ANTARA METODE KUALITATIF DAN KUANTITATIF
Aksioma Dasar
|
Metode
Kuantitatif
|
Metode
Kualitatif
|
Sifat realitas
|
Dapat diklasifikasi, konkrit, teramati, terukur
|
Ganda, holistik, dinamis, hasil konstruksi dan pemahaman
|
Hubungan peneliti dengan yang diteliti
|
Independen, supaya terbangun obyektivitas
|
Interaktif dengan sumber data supaya memperoleh makna
|
Hubungan variabel
|
Sebab – akibat (kausal)
|
Timbal balik/ interaktif
|
Kemungkinan generalisasi
|
Cenderung membuat generalisasi
|
Transferability (hanya mungkin dalam ikatan konteks dan waktu)
|
Peranan nilai
|
Cenderung bebas nilai
|
Terikat nilai-nilai yang dibawa peneliti dan sumber data
|
Perbedaan karakteristik metode
kualitatif dan kualitatif dapat dilihat dalam tabel berikut.
PERBEDAAN KARAKTERISTIK METODE KUANTITATIF DAN KUALITATIF
No.
|
Metode
Kuantitatif
|
Metode
kualitatif
|
1
|
A. Desain
a. Spesifik, jelas, rinci
b. Ditentukan secara mantap sejak awal
c. menjadi pegangan langkah demi langkah
|
A.
Desain
a.
Umum
b.
Fleksibel
c.
Berkembang, dan muncul dalam proses penelitian
|
2
|
B. Tujuan
a. menunjukan hubungan antar variabel
b. Menguji teori
c. mencari generalisasi yang mempunyai nilai prediktif
|
B.
Tujuan
a.
Menemukan pola hubungan yang bersifat interaktif
b.
Menemukan teori
c.
Menggambarkan realitas yang kompleks
d.
Memperoleh pemahaman makna
|
3
|
C. Teknik Pengumpulan Data
a. Kuesioner
b. observasi dan wawancara terstruktur
|
C.
Teknik Pengumpulan Data
a.
Participant observation
b.
In depth interview
c.
Dokumentasi
d.
Trigulasi
|
4
|
D. Instrumen Penelitian
a. Test, angket, wawancara terstruktur
b. Instrumen yang telah tersandar
|
D.
Instrumen Penelitian
a.
Peneliti sebagai instrumen (human instrumen)
b.
Buku catatan, tape recorder, camera, handycam, dll.
|
5
|
E. Data
a. kuantitatif
b. hasil pengukuran variabel yang dioperasikan dengan menggunakan
instrumen
|
E.
Data
a.
Deskriptif kualitatif
b.
Dokumenpribadi, catatan lapangan, ucapan dan tindakan responden, dokumen dll.
|
6.
|
F. Sampel
a. Besar
b. Representatif
c. Sedapat mungkin random
d. Ditentukan sejak awal
|
F.
Sampel
a.
Kecil
b.
Tidak represntatif
c.
Purposiv, snowball
d.
Berkembang selam proses penelitian
|
7
|
G. Analisis
a. Setelah selesai pengumpulan data
b. Deduktif
c. Menggunakan Statistik untuk menguji hipotesis
|
G.
Analisis
a.
Terus-menerus sejak awal penelitian sampai akhir penelitian
b.
Induktif
c.
Mencari pola, model, thema, teori
|
8
|
H. Hubungan dengan Responden
a. Dibuat berjarak, bahkan sering tanpa kontak supaya obyektif
b. kedudukan peneliti lebih tinggi dari responden
c. jangka pendek sampai hipotesis dapat dibuktikan
|
H.
Hubungan dengan Responden
a.
Empati, akrab, supaya memperoleh pemahaman yang mendalam
b.
kedudukan sama bahkan sebagai guru, konsultan
c.
jangka lama, sampai datanya jenuh, dapat ditemukan hipotesis atau teori
|
9
|
I. Usulan Desain
a. Luas dan rinci
b. Literatur ynag berhubungan dengan masalah, dan variabel yang
diteliti
c. Prosedur yang spesifik dan rinci langkah-langkahnya
d. Masalah dirumuskan dengan spesifik dan jelas
e. Hipotesis drumuskan dengan jelas
f. Ditulis secara rinci dan jelas sebelum terjun ke lapangan
|
I.
Usulan Desain
a.
Singkat, umum dan bersifat sementara
b.
Literatur yang digunakan bersifat sementara, tidak menjadi pegangan utaman
c.
prosedur bersifat umum, seperti akan merencanakan tour/piknik
d.
Masalah bersifat sementaradan akan ditemukan setelah studi pendahuluan
e.
Tidak dirumuskan hipotesis karena justru akan menemukan hipotesis
f.
Fokus penelitian ditetapan setelah diperoleh data awal dari lapangan
|
10
|
J. Kapan penelitian dianggap selesai?
setelah semua kegiatan yang
direncanakan dapat diselesaikan
|
J.
Kapan penelitian dianggap selesai?
Setelah tidak ada data yang dianggap baru
|
11
|
K. Kepercayaan terhadap hasil penelitian
Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen
|
K.
Kepercayaan terhadap hasil penelitian
Pengujian kredibilitas, depenabilitas, proses dan hasil
penelitian
|
Perbedaan antara metode
kuantitatif dan kualitatif juga dapat dilihat dari proses penelitian. Proses
dalam metode kuantitatif bersifat
linier, di mana langkah-langkahnya jelas, mulai dari rumusan masalah, berteori,
berhipotesis, mengumpulkan data, analisis data, dan membuat kesimpulan dan
saran. Sedangkan Proses penelitian Kualitatif bersifat sirkuler. Terdapat tiga
proses dalam metode kualitatif, tahap pertama disebut tahap orientasi atau
deskripsi. Pada tahap ini peneliti mendeskripsikan apa yang dilihat, didengar,
dirasakan, dan ditanyakan. Tahap kedua disebut tahap reduksi/fokus, pada tahap
ini peneliti mereduksi segala informasi yang diperoleh pada tahap pertama.
Tahap ketiga adalah tahap seleksi, dimana peneliti menguraikan fokus yang telah
ditetapkan menjadi lebih rinci.
Referensi:
Sugiono, Prof., Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2008
No comments:
Post a Comment